Untukmu sobat CAMABA .... part 1.

24 Sep 2008

Welcome to Libya... tapi bentar dulu ya! Sebelum sobat-sobat semua menginjakan kaki di “negeri hijau” ini, ada baiknya sobat sekalian baca artikel ini ( penting lo jeng!!!). Soalnya kita disini bisa dianalogikan sebagai prajurit perang, yang harus mempersiapkan segalanya untuk meraih kemenangan. Jadi, jangan sampe ketika musim dingin tiba ( puncak lewat boss!!!) sobat semua bisa mati kedinginan, waduuh...(kaya bajuri)!!! So perhatiin abiz ni artikel, yang kami khusus rangkum dari pengalaman tahun kemarin.

Diantara hal yang wajib dibawa dengan selamat sampe Libya, yaitu berkas-berkas yang dikumpulkan oleh sobat-sobat baru di PP.Muhammadiyah (Biasanya berkas-berkas itu dibagikan sebelum take off). Soalnya berkas-berkas itu berhubungan dengan pendaftaran masuk di kampus, kalo ada yang ketinggalan atau hilang di jalan bisa berabe urusannya... kemungkinan terburuknya, sobat-sobat semua bisa nggak jadi kuliah!! Nah lo... Pasti semuanya nggak mau kaya gitu kan?!!! Nah sekarang dari berkas-berkas itu ada beberapa yang harus lebih diperhatikan. Contohnya nech: Ijazah aslinya jangan lupa bro!!! Tahun kemarin ada 2 orang sobat kita yang ijazah aslinya ketinggalan di Indonesia, hampir-hampir mereka nggk bisa kuliah!! Untungnya, ada gelombang ke-2, jadinya bisa dititipin, kalo nggk ada mereka, Wallohu a’lam bishowab dech!!! Truzzz, bawa pas photo (terutama 4x6) yang buanyaakkk supaya disini nggk repot-repot lagi. Selain persyaratan waktu pendaftaran, pas photo itu dipake juga buat dapetin no telpon (alias sim card hp) di Libya, pembuatan iqomah (izin tinggal), atau buat ngisi diary temen-temen baru yang warna-warni (you‘ll know them later!!!).
Trus... Untuk terus survive disini. Sobat-sobat hendaknya mengisi koper dengan barang-barang yang bener-bener bermanfaat untuk kehidupan selama di Libya. Soalnya, keadaan disini agak sedikit berbeda dengan di Indonesia. Contohnya: cuaca, makanan dll lah. Makanya, sobat-sobat baru harus pandai-pandai memilih barang-barang yang akan di bawa ke Libya.
So, kita saranin untuk bawa pakaian musim dingin yang cukup memadai. Seperti beberapa buah jaket tebal, kaos kaki panjang n' tebal (kaya buat maen bola, atau buat camping ke gunung), sarung tangan yang tebal, dll. (inget2 ting... untuk musim dingin, jangan yang ecek2, whehehe). Semua itu bisa sobat cari di toko-toko khusus yg biasa menjual pakaian musim dingin, kaya Factory Outlet (FO) yang terdapat di berbagai daerah, Jakarta, Bogor, Bandung n laen2nya, atau juga stand EIGER ataupun sejenisnya. (cari ndri yaa..). Nah, kalo niatan untuk beli ini-itu semua disini, bisa juga. Tapi kite2 saranin jangan deh bro.. sebab selain harga nya yang mahal, kwalitasnya pun gak begitu baik.
Ups, hampir kelupaan... kayanya sobat-sobat juga butuh nih ama yang namanya celana training, pastinya ya untuk olahraga. Nah, khusus untuk sobat yang seneng maen bola, boleh deh sepatunya juga ikut dibawa. Selain itu, jangan lupa yaa... kalo kita tuh duta bangsa disini, banyak acara-acara resmi yang terkadang kita hadiri. Karna itu, bawa baju-baju formil, seperti baju batik, kemeja atau koko. Kalo punya Jas, sekalian ntu dibawa yaa...
Setelah kite ngomongin baju-bajuan. Barang lainnya yang harus sobat-sobat bawa, yaitu obat-obatan pribadi, terutama bagi sobat yang memiliki penyakit khusus. Juga vitamin2 yang kira2 sobat butuhin, inget ... cuaca disini agak ganas, karna itu butuh daya tahan tubuh yang prima.
Untuk kebutuhan akademik, minimalnya sobat semua bawa kamus arab n inggris. Untuk kamus Arab, kita merekomendasikan kamua al-‘Ashri (kontemporer), bisa juga kamus2-kamus lainnya yang cukup besar memuat kosakata arab seperti al-Munawwir, dll.
Phiuhh.. dah banyakkan? Nah, kalo diantara sobat yang tasnya masih longgar, kite saranin bawa makanan n bumbu masakan (kecap/saos/bumbu cepat saji) secukupnya, yah kira-kira sampe lidah sobat semua terbiasa, mengingat masakan disini berbeda dengan masakan-masakan di Indo.
Dah dapet bayangan kan??? Ntu semua, barang-barang yang sebisa mungkin dibawa ama sobat semua. Kalo yang lainnya up to you lah, kaya kaos, celana , sarung, alat mandi atau foto-foto keluarga, kalo emang tasnya masih cukup. So.... met persiapan, met jalan and selamat sampe tujuan.
Panitia FORTASI (Forum Ta’aruf dan Orientasi) mahasiswa baru ‘08
Contact Person:
• Irham Hudaya, Hp: +218923794882/ Email: ibane_ethazieqy@yahoo.com
• Jiana Ikmal Ma’asy, Hp: +218923671277/ Email: jiay_libyana@yahoo.com
• Miftahul Risal, Hp: +218924611897/ Email: iftah_risal@yahoo.com






0 comments:

Posting Komentar